Trik bagaimana Memperbesar Kapasitas RAM Android dengan Virtual Memory/RAM-Swap



Mungkin bagi anda yg memiliki gadget android dengan ram kecil akan sangat memerlukan trik ini
Trus gimana donk solusinya? Mau beli gadget baru dengan RAM gede tapi sayangnya duit cekak kaya ane, hehe …Untungnya kita make OS Android yang hampir semuanya bisa di-oprek. Dengan memanfaatkan SD Card, kita bisa manfaatkan kapasitas/space yang ada di sd card sebagai virtual Memory (RAM Swap/Memory swap). Dengan metode RAM Swap ini,misalnya jadilah dengan RAM 512MB disulap seakan memiliki RAM sampe 3 GB jika mau ! langsung masuk tutorialnya aja…


Requirements:

  1. SD Card yang mau dijadiin memory minimal class 6 (kemampuan read di atas dari 6 MB/s), lebih bagus lagi klo class 10. Di bawah itu bakalan ngefek ke performa yang gak bagus (lag, lemot, dll).
  2. Free Space di SD Card untuk membentuk Swap file. jika anda mau nambahin 500MB RAM, berarti harus ada space sebesar itu di SD card
  3. Gadget anda WAJIB sudah di-root
  4. Kernel di ROM ente harus support kernelswap
  5. Aplikasi Pendukung untuk RAM Swap: Roehsoft RAM Expander (SWAP). Info lebih lengkap tentang aplikasi ini di play storehttps://play.google.com/store/apps/d...it.expander.de 
  6. LINK DONLOD
Petunjuk Instalasi Memperbesar Kapasitas RAM Android:

  • Install APK seperti biasa. Pastikan setelah dibuka pertama kali, aplikasi mendapat akses root/ superuser permissions.
  • Pada menu awal, klik tombol Setting (capacitive button), pilih SDCARD Directory untuk menentukan dimana swapfile akan disimpan/terbentuk. Bisa disimpan di int atau ext sdcard.  



  •  Di menu awal, pada isian Size (mb), isikan besaran swapfile yang akan digunakan sebagai virtual memory/RAM. Contoh: Jika diisi 500, maka total memory nanti menjadi: 500 + 372 (real RAM ) = 872 MB. Jika Tombol “Optimal Value” pada pokok kiri bawah di-klik, maka sistem akan secara otomatis mengisi besaran nilai pada isian Size (Mb), sesuai dengan maximum free space yang ada di SD Card
  • Pada isian Swappiness, diisi dengan range angka 0 – 100. 0 berarti kernel tidak menggunakan swapfile, dan 100 berarti kernel akan men-swap setiap memory yang ada ke SD Card. Silahkan mencoba sendiri besaran value yang paling pas menurut anda
  •  
  • Jika isian Size (mb) dan Swappiness sudah terisi, silahkan di-check Swap active yang ada di pojok kiri atas. Silahkan tunggu sampai proses pembentukan swapfile selesai. Lama proses sangat bergantung pada besaran swapfile yang dibentuk dan seberapa cepat SD Card anda . Jangan sentuh android anda sampai proses pembentukan swapfile selesai!
  •  Jika anda “beruntung”, di menu awal bakal keliatan total memory HH ente bakalan bertambah (besar RAM + besar gadget pertama kali aktif. Done! Setelah di-reboot lagi, bakalan kerasa memory ente jadi lebih lega dibanding sebelumnya.
Secara system, memang RAM bakalan tetap keliatan 372MB, karena secara default tidak menayangkan Swap RAM. Tapi secara real, bakalan keliatan perubahannya. Perubahan yang ane amati setelah menggunakan RAM Expander:
  1. Multi tasking jadi lebih lancar, maen game-game berat juga ga pernah force close lagi gara2 kehabisan memory. Ane jamin ente bisa main wild blood, minimize trus kirim sms, balik lagi main game tanpa harus mulai dari awal!
  2. gadget terasa lebih responsif dan lebih cepat (tergantung kemampuan Sd Card dalam meng-handle swapfile) 
Catatan Penting:  

  1. Jangan remove sdcard ketika swap dalam posisi aktif! Ntar aplikasi dan swapfile yang udah kebentuk bakalan crash.
  2. Metode RAM Swap memiliki potensi memperpendek umur Sd Card, meskipun resikonya kecil mengingat sdcard generasi sekarang punya kemampuan read/write hingga jutaan kali.
  3. saya tidak bertanggung jawab bila ada kerusakan baik di gadget ataupun SD Card anda (secara developer-nya juga g mau ). Jadi RESIKO DITANGGUNG PENUMPANG.
  4. Secara aplikasi ini amat sangat berguna menurut saya, saya SANGAT menganjurkan untuk membeli langsung aplikasi ini secara resmi/bukan bajakan jika anda MAMPU , untuk lebih mendukung dev-nya (secara harganya lumayan sadis $ 8.99)